Thursday, May 06, 2010

Biopori?

Jadi, gue dan teman-teman PA lagi berencana mau bikin BIOPORI di sekolah. Iya, biopori. Ide ini udah pernah tercetus sama angkatan sebelumnya cuma yaaa nggak terealisasi, mudah-mudahan aja ya sekarang jadi. Amiin :D
Kita mau buat biopori ini dalam rangka dies natalis MPL ke-11, dan karena kebetulan juga di sekitar lapangan voli sekolah itu kalo hujan udah kayak kolam ikan -__- Well, that's my school :D Dan siapa tau LRB (Lubang Resapan Biopori) ini bisa memberi solusi haha.
Well, kita cuma punya 6 minggu untuk nyiapin semuanya, telat banget. Mana harga satu bor manual biopori itu paling murah yaa mungkin 150.000an deh. Dari info yang gue baca, di lahan 100 meter persegi idealnya ada 24 buah lubang biopori (mmm luas lapangan di sekolah berapa ya?). Kemaren waktu opsih, Ganespa sih dapet gratis dari Pertamina, kita boleh minjem gak yaa *_* Ohya kayaknya sekolah punya (katanya), nanti gue coba tanya deh.
FYI, teknologi biopori ini yang buat mahasiswa/i IPB.  Tujuan / Fungsi / Manfaat / Peranan Lubang Resapan Biopori / LRB :


1. Memaksimalkan air yang meresap ke dalam tanah sehingga menambah air tanah.

2. Membuat kompos alami dari sampah organik daripada dibakar.
3. Mengurangi genangan air yang menimbulkan penyakit.
4. Mengurangi air hujan yang dibuang percuma ke laut.
5. Mengurangi resiko banjir di musim hujan.
6. Maksimalisasi peran dan aktivitas flora dan fauna tanah.
7. Mencegah terjadinya erosi tanah dan bencana tanah longsor.










Sekarang lagi proses pembuatan proposal ke sekolah dan cari-cari info dari pihak yang udah pernah dan ngerti biopori ini. Semoga jadi :D
Info lebih lanjut tentang biopori : http://www.biopori.com

No comments:

Post a Comment